Kesehatan sangat penting untuk kita. Dengan menjaga kesehatan setiap hari, pekerjaan yang kita lakukan setiap hari akan terlewati dengan mudah, karena dengan menjaga kesehatan kita dengan baik, stamina kita akan terjaga sehingga tidak mudah merasakan lelah. 

     Apakah anda tahu cara menjaga kesehatan dengan benar? Di blog ini saya akan menjelaskan bagaimana Cara Menjaga Kesehatan dengan benar.


   1. Makan Makanan Yang Sehat (Seperti Buah       dan Sayuran)



      Buah dan Sayuran sangat penting bagi tubuh kita, menjaga stamina kita agar selalu aktif. Berikut ini adalah beberapa manfaat Buah dan Sayuran :

  1. Mengandung Vitamin C

   Vitamin C memang melimpah kandungannya di dalam sayuran dan buah. Manfaat sayuran buah ini bisa mengatasi berbagai masalah gangguan kesehatan seperti sariawan, radang tenggorokan dan panas dalam. Dengan mengonsumsi vitamin C, anda juga bakal memiliki imunitas yang baik.
  2. Memiliki Kandungan Vitamin A
   Sayuran Buah seperti Wortel dan Tomat sesungguhnya sangat baik sebagai sumber vitamin A. Yang mana vitamin ini berguna sekali untuk kesehatan mata. Dengan rutin mengonsumsi sayur buah, diharapkan bola mata anda akan sehat dan nampak jernih dipandang. Anda juga terhindar dari penyakit rabun ayam (rabun senja).
  3. Kadar Protein
    Meskipun sayuran ini tergolong sayur buah namun kandungan proteinnya jelas masih ada. Manfaat sayuran buah sebagai sumber protein mampu menguatkan otot anda dan mempercepat regenerasi sel.
  4. Melancarkan Pencernaan
    Buah kaya dengan serat. Maka sayuran buah pun kaya sekali dengan serat untuk memperlancar saluran cerna anda. Ketika anda rajin makan sayur buah, niscaya usus anda bekerja dengan baik. Anda pun terbebas dari gangguan sembelit atau diare.

  5. Menambah Kadar HB

    Sayuran Buah juga dapat menambah kadar HB. Manfaat sayur buah bisa mencegah anda dari gangguan darah, macam Anemia. Sebab, sayuran ini kaya dengan zat besi yang bisa merangsang pembentukan hemoglobin.

2. Berolahraga Secara Teratur


Olahraga adalah gerak badan untuk menguatkan dan menyehatkan tubuh (seperti sepak bolaa, berenang, dan lan sebagainya). Selain makan Buah Dan Sayur, kita juga harus sering-sering untuk berolahraga untuk menjadi sehat.

 Berikut ini adalah macam-macam olahraga beserta manfaatnya :

 1.  Berjogging Secara Rutin

 Berlari memang tidak akan menghilangkan segala masalah dalam kehidupan Anda, namun tubuh yang sehat akan membuat Anda lebih bahagia, bukan? Ada baiknya berkonsultasi dengan seorang dokter jika Anda berencana untuk mengikuti maraton, namun jika Anda hanya ingin memasukkan lari ke dalam rutinitas Anda sehari-hari, Anda pasti akan merasakan perubahan yang positif pada tubuh Anda.
  
1. Lari/Jogging akan menyehatkan jantung  menambah jumlah kapiler serta sel-sel darah merah dalam tubuh. Jantung sebagai bagian dari otot tubuh pun akan semakin kuat.

2. Aktivitas otak akan meningkat juga. Saat kita sedang berlari, otak akan menghasilkan solusi kreatif untuk masalah-masalah yang sedang kita hadapi. Ini bisa terjadi karena adanya asupan oksigen yang membantu sistem saraf pusat, termasuk otak, berfungsi lebih aktif. 

3. Lari akan membantu menyingkirkan stres. Tubuh telah menerima banyak 'sampah' dari ketegangan saraf dan kelelahan dalam 1 hari. Untuk mengeluarkannya dari tubuh ,kita harus berkeringat. Disinilah pentingnya berlari bagi tubuh kita. 

4. Sebuah penelitian menemukan bahwa berlari secara rutin akan meningkatkan regenerasi sel-sel dalam hati. 

5.  Membiasakan diri berlari dengan rutin akan memberikan efek positif tulang dan sendi-sendi dalam tubuh. Hal ini juga baik bagi orang yang berusia lanjut karena mencegah penyakit sendi degeneratif atau ostearthritis.

6. Aktivitas otak akan meningkat juga. Saat kita sedang berlari, otak akan menghasilkan solusi kreatif untuk masalah-masalah yang sedang kita hadapi. Ini bisa terjadi karena adanya asupan oksigen yang membantu sistem saraf pusat, termasuk otak, berfungsi lebih aktif.

2. Lompat Tali

   Kata Lompat Tali memang sering didengar oleh banyak orang, karena ini adalah sebuah permainan tradisional. Tetapi, banyak juga orang yang mengesepelekan permainan ini. Olahraga lompat tali yang satu ini memang adalah olahraga yang mudah dan murah dilakukan di rumah oleh siapapun, termasuk juga untuk kita lakukan. Tidak ada persiapan khusus yang perlu kitalakukan. Hanya saja kita diharapkan menyiapkan suatu tali yang biasa dikenal juga dengan nama (skipping). Tali ini harganya pun tidak mahal. Kita hanya perlu membelinya sekali untuk kemudian digunakan berkali-kali. Dalam satu hari, buatlah target untuk melakukan lompatan selama 15 menit atau secara jumlah di atas 50 banyaknya. 

3. Senam Aerobik

    Senam Aerobik sangat mudah dilakukan di mana saja. Tidak perlu mengeluarkan biaya apapun untuk olahraga ini. Berikut ini adalah manfaat Senam Aerobik :

* Aerobik dapat meningkatkan stamina dan daya tahan Pasti setiap manusia pernah mengalami letih dan lesu dalam menjalankan berbagai aktivitas, bahkan cenderung mudah sakit. Aerobik merupakan salah satu jenis olahraga yang dapat meningkatkan stamina untuk beraktivitas dan meningkatkan daya tahan tubuh.

* Mengurangi Berat Badan. Tentu setiap olahraga memiliki peran dalam menurunkan berat badan manusia, salah satunya adalah aerobik yang terbukti ampuh untuk menurunkan berat badan secara bertahap.

* Meningkatkan fungsi jantung. Nah, dalam hal ini aerobik merupakan salah satu jenis olahraga yang cukup ampuh. Aerobik dapat meningkatkan denyut dan menstabilkan irama jantung sehingga akan lebih sehat. 

 3.  Mengkonsumsi 4 Sehat 5 Sempurna 

    Penuhilah hak tubuh untuk mendapatkan makanan 4 sehat 5 sempurna. Makanan 4 sehat 5 sempurna meliputi nasi, lauk, sayur, buah dan susu. Nasi merupakan makanan pokok sebagai sumber karbohidrat, lauk sebagai sumber protein, sayuran sebagi sumber mineral dan buah sebagai sumber vitamin. Susu sebagi penyempurna untuk kebutuhan untuk meningkatkan energi dan memenuhi kebutuhan tulang kita.

    Untuk mendapatkan menu makanan 4 sehat 5 sempurna tidak harus dengan biaya mahal. Banyak buah, sayur serta lauk sehat yang dapat dibeli dengan harga yang terjangkau. Tidak perlu mahal yang penting kandungan kebutuhan nutrisi manusia yang dibutuhkan tubuh terpenuhi secara sempurna agar tubuh tetap sehat.

4. Hindari Terlalu Sering Mengkonsumsi Makanan Instan

   Makanan instan mempunyai keunggulan praktis disajikan serta enak tetapi memiliki lebih banyak efek negatif buat kesehatan tubuh. Makanan instan sangat bersahabat bagi anda yang sibuk dengan aktivitas dan pekerjaan seperti pekerja kantor atau mahasiswa. Salah satu makanan instan yang mudah disajikan yaitu mie instan. Jangan terlalu sering mengkonsumsi mie instan karena banyak kandungan zat kimia di dalamnya seperti natrium polifosfat, natrium karbonat, kalium karbonat, zat lilin serta pewarna makanan yang semua zat tersebut tidak baik jika terlalu sering masuk kedalam tubuh kita. 

   Kita bukan berarti tidak boleh mengkonsumsi sama sekali makanan instan tetapi jangan terlalu sering, maksimal seminggu sekali. Dalam memasak mie instan juga dengan cara yang benar yaitu jangan memasak bumbu mie dalam api yang menyala tetapi taburkan bumbu saat mie telah selesai dimasak dan berada didalam piring. Saat memasak mie air hasil masakan diganti dengan yang baru, karena mie mengandung lilin sehingga air hasil masakan mie banyak mengandung lilin dan jika masuk kedalam tubuh akan berbahaya.

5. Perbanyak Minum Air Putih


   Kebutuhan tubuh terhadap air putih setiap hari yaitu minimal 1,5 liter atau setara dengan sekitar 8 gelas. Air putih dibutuhkan oleh tubuh untuk memenuhi kebutuhan tubuh terhadap cairan. Tubuh kita 70% terdiri dari cairan sehingga kebutuhan terhadap air putih perlu untuk dipenuhi. Cara menjaga kesehatan tubuh dengan manfaat air putih, tidak bisa digantikan oleh air yang lain. Air putih merupakan air yang paling sehat untuk tubuh serta tidak berbahaya untuk tubuh. Manfaat yang diketahui orang awam mungkin hanya menghilangkan rasa haus dalam tubuh, tetapi sebenarnya air putih memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita.
Beberapa manfaat air putih untuk tubuh seperti :


  • Menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh
  • Mengontrol kalori dalam tubuh
  • Meningkatkan energi
  • Membantu mengeluarkan racun dalam tubuh
  • Membantu menjaga fungsi ginjal agar tetap baik
  • Meningkatkan produktivitas dalam tubuh
  • Meningkatkan fungsi otak
  • Melancarkan sistem peredaran darah
  • Mengobati sakit kepala


Itulah beberapa cara menjaga kesehatan. Meskipun yang saya sebutkan hanya ada 5 cara saja, tetapi sangat bermanfaat. Jika ada salah kalimat atau kurang berkenan, saya mohon maaf sebesar-besarnya. Terima Kasih.


    
 
0 Komentar untuk " "

Back To Top